Posted by : Ulin Okumura Senin, 03 November 2014

       Assalamualaikum Wr. Wb.

di postingan kali ini saya akan membahas WIMP  (Windows, icons, menu and pointer) yang termasuk dalam materi user interface


     Dalam interaksi manusia dengan komputer ,WIMP adalah singkatan dari "windows , icons, menu, dan pinter yang menunjukkan gaya interaksi menggunakan unsur-unsur dari user interface.Itu diciptakan oleh Merzouga Wilberts pada tahun 1980. ekspansi lainnya adalah kadang-kadang digunakan, menggantikan "mouse" dan "mice" atau "menu pull-down" dan "pointing", untuk menu dan pointer, masing-masing.

       Meskipun istilah telah jatuh ke dalam tidak digunakan, beberapa menggunakannya secara tidak benar sebagai sinonim perkiraan untuk antarmuka pengguna grafis (GUI). Setiap antarmuka yang menggunakan grafis dapat disebut GUI, dan sistem WIMP berasal dari sistem tersebut. Namun, sementara semua sistem WIMP menggunakan grafis sebagai elemen kunci (ikon dan pointer elemen), dan oleh karena itu GUI, kebalikannya tidak benar. Beberapa GUI tidak didasarkan pada jendela, ikon, menu, dan pointer. Sebagai contoh, kebanyakan ponsel merupakan tindakan sebagai ikon, dan beberapa mungkin memiliki menu, tapi sangat sedikit mencakup pointer atau menjalankan program dalam jendela.  


         Interaksi WIMP dikembangkan di Xerox PARC (lihat Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973) dan dipopulerkan dengan pengenalan Apple Macintosh pada tahun 1984, yang menambahkan konsep "menu bar" dan diperpanjang pengaturan window.


Dalam sistem WIMP:

     Sebuah jendela menjalankan program mandiri, terisolasi dari program lain yang (jika dalam sistem operasi multi-program) dijalankan pada saat yang sama di jendela lain.

 
     Sebuah ikon bertindak sebagai jalan pintas untuk tindakan komputer melakukan (misalnya, mengeksekusi program atau tugas).

 
     Menu adalah teks atau berbasis ikon sistem seleksi yang memilih dan mengeksekusi program atau tugas.

 
     Pointer adalah simbol pada layar yang mewakili gerakan perangkat fisik yang pengguna kontrol untuk memilih ikon, elemen data, dll

      Gaya sistem meningkatkan interaksi antara manusia dengan komputer (HCI) dengan meniru interaksi dunia nyata dan menyediakan baik kemudahan penggunaan untuk non-teknis seorang-pemula dan daya pengguna [jika dibutuhkan]. Pengguna dapat membawa keterampilan di antarmuka standar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

      Karena sifat dari sistem WIMP, perintah sederhana dapat dirantai bersama-sama untuk melakukan sekelompok perintah yang akan diambil beberapa baris instruksi baris perintah.
 


Windows, icons, menus and pointer.


sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/WIMP_%28computing%29 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Berbagi Ilmu Informatika - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -